Cara Belajar JavaScript Paling Mudah Yang Jarang Diketahui Umum

JavaScript merupakan salah satu bahasa script yang direkomendasikan untuk dipelajari bagi pemula karena mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Kali ini saya ingin menulis tentang cara belajar JavaScript paling dasar dengan sangat mudah, anda tidak perlu menghafal apa-apa. Tidak perlu juga menginstall apa-apa cukup dengan membaca artikel ini anda sudah belajar JavaScript.

Bagi anda yang ingin belajar bahasa pemrograman, memilih Javascript sebagai bahasa paling awal merupakan pilihan yang baik. Pada saat belajar anda bisa mulai dari yang paling dasar, seperti yang dicontohkan pada tulisan ini. 

Setelah anda mahir dalam penulisan Javascript standar ECMA, anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan yang anda sukai. Anda bisa memilih salah satu dari banyak pilihan cara menulis kode (framework) yang sesuai dengan pribadi anda.

Belajar Javascript paling Mudah


Javascript seringkali menjadi materi wajib bahasa pemrograman yang selalu dipelajari di bangku sekolah, Padahal (sst.. rahasia..) tidak perlu sekolah pun seseorang bisa menguasai JavaScript. Anda tentu ingat berita digambar ini.

cara belajar javascript paling dasar


Wih keren ya, TKW Indonesia diajari ngoding untuk membuat website. Tentunya untuk membuat website salah satunya ada bahasa javascript.

JavaScript selalu saja dikonotasikan dibutuhkan hanya saat seseorang membuat website. Padahal saat ini JavaScript dapat digunakan untuk berbagai hal misalnya untuk membuat game, menangani server, membuat aplikasi mobile, aplikasi desktop, Internet Of Things (IoT) dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya untuk melulu membuat website atau animasi website saja, JavaScript dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

JavaScript dulunya bernama Mocha, merupakan bahasa yang awal pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich 1995 untuk browser bernama Netscape. Kemudian Mocha ditawarkan kepada publik untuk dikembangkan bersama-sama sebab JavaScript terbukti dapat berjalan optimal pada berbagai browser. Hingga setelah dikembangkan bersama berganti nama menjadi LiveScript lalu berubah lagi menjadi JavaScript seperti yang kita kenal saat ini.

Walaupun mirip namanya dengan Java tetapi JavaScript ini bukan turunan bahasa pemrograman Java loh. JavaScript termasuk dalam kelompok bahasa script yang dapat dijalankan tanpa harus dikompilasi dan memiliki standar untuk browser yang dikenal sebagai ECMAScript atau ES.

Syarat Belajar JavaScript

Untuk belajar JavaScript anda dapat menggunakan tool yang sudah ada pada setiap komputer. Bahkan baru saja anda menginstall sebuah sistem operasi baik itu Windows, Mac, ataupun Linux anda sudah bisa menulis kode JavaScript dan menjalankannya tanpa tambahan lagi. Jadi javascript memang sangat sangat fleksibel dan mudah. Anda cukup membutuhkan:

"Browser"

Hanya itu saja? Yup betul.

Bahkan anda bisa belajar banyak cukup menggunakan browser saja dengan memanfaatkan fasilitas console yang ada di setiap browser saat ini. Waw keren bukan?

Silahkan pilih salah satu browser, contoh: Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera dll

cara belajar javascript paling dasar


Untuk menampilkan console misalnya pada browser Google Chrome anda tinggal menekan tombol f12 pada keyboard. Langkahnya sangat simple yaitu:

  1. Silahkan buka aplikasi Google Chrome
  2. Setelah tampil tekan tombol f12 di keyboard laptop anda maka anda sudah dapat melihat tampilan console.

Atau bisa juga dengan cara:

  1. Buka aplikasi Google Chrome kemudian 
  2. Klik kanan lalu > inspect element > pilih console

Setelah console tampil anda sudah dapat melakukan uji coba sederhana misalkan dengan melakukan operasi tambah, seperti berikut.

Contoh:

ketik 

1+1

Tekan enter maka akan ditampilkan hasilnya dibawahnya 

2

Tentu saja anda bisa mencoba angka yang lain atau bisa juga operasi lain (+, -, /, *). Bagaimana mudah sekali bukan?

cara belajar javascript paling dasar


Untuk menampilkan pesan anda juga bisa melakukannya dengan sangat sederhana seperti berikut.

contoh:

ketik

alert("saya suka JavaScript");

tekan tombol enter

Maka anda akan menemukan sebuah pesan dengan tulisan yang sama dengan isi didalam tanda petik diatas. Jadi bila ingin mengubah isi pesan yang tampil silahkan ubah tulisan dalam tanda petik.

cara belajar javascript paling dasar

Kelebihan dari cara ini adalah ketika anda menulis fungsi atau kata yang terdaftar dalam standar javascript, maka browser akan membantu menunjukkan pilihan fungsi lain yang mirip. Jadi anda akan terhindar dari salah ketik dengan lebih mudah dibandingkan text editor yang belum tentu update terhadap fitur ini.

Yang Perlu di Latih dalam Belajar JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman script yang memiliki kelengkapan seperti bahasa pemrograman lainnya. Sehingga anda bisa memanfaatkan:

  • konstanta
  • variabel
  • array
  • object
  • operator
  • operasi percabangan
  • operasi perulangan
  • dan lain sebagainya pada JavaScript.

Semakin anda mahir dalam memanfaatkan fitur-fitur tersebut, anda dapat memanfaatkan JavaScript untuk berbagai aplikasi ataupun produk software yang bisa anda buat sendiri. 

Bahkan anda dapat memanfaatkan library JavaScript yang sudah disiapkan oleh programmer lain secara gratis baik secara embed ataupun external. 

Keren bukan?

Jadi anda tidak harus mengetik kode sendiri atau membuat semuanya dari nol, anda dapat memanfaatkan library, framework dan bahkan dapat bekerja sama dengan programmer lain untuk membuat produk-produk yang bisa tawarkan untuk orang lain. Misalnya library untuk mengakses map atau peta online, library untuk membuat animasi, library untuk membuat game, Library untuk data mining, Library untuk memanfaatkan sosial media (fb,twitter, google) dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sampai disitu saja, Javascript juga menyumbangkan notasi yang saat ini banyak digunakan bahasa pemrograman lain untuk bertukar data. Notasi yang dikenal sebagai JSON (JavaScript Object Notation) saat ini memungkinkan untuk komunikasi antar perangkat, antar sistem, antara server. Bahkan anda tentu tahu kalau perangkat Android atau iOS anda saat ini sedang melakukan proses sinkronisasi data juga menggunakan JSON.

Kesimpulan

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. JavaScript juga memiliki fitur dan penggunaan yang dimiliki bahasa pemrograman lainnya. Meskipun mudah tetapi JavaScript memiliki kecanggihan yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Untuk belajar JavaScript paling dasar anda tidak perlu menghafal, tidak perlu susah. Cukup dengan mengenal dulu apa itu JavaScript.

Semakin anda memahami JavaScript, anda dapat memanfaatkan berbagai tool, library, framework, bahkan device. Sehingga produk anda dapat digunakan dengan baik pada banyak media.

Banyak sekali kemampuan JavaScript yang tidak mungkin dapat dijelaskan hanya dengan sebuah artikel ini saja. Masih banyak hal yang bisa anda temukan dan bisa anda kembangkan sesuai kebutuhan dan cita-cita anda dengan memanfaatkan JavaScript. 

Posting Komentar