6 Tahap Cara Membuat Game Impianmu Sendiri

Sejak saya masih SMA sekitar tahun 1999 saya gemar bermain video game. Pada saat bermain seringkali terbeslit di benak saya bagaimana rasanya kalau suatu saat saya dapat bermain game buatan saya sendiri. Impian tersebut kemudian tidak saya tindak lanjuti karena sibuk sekolah kemudian kuliah dijurusan yang jauh dari dunia video game. Belum lagi saat itu komputer merupakan barang mewah.

Suatu saat setelah saya lulus kuliah dan bekerja di suatu perusahaan sekitar tahun 2005, saya jalan-jalan ke toko buku. Salah satu buku ditoko itu membahas cara pembuatan game. Game yang dibahas pada buku itu merupakan konsep game sederhana dengan bahasa flash. Saya memang sangat tertarik dan teringat pada impian saya ketika masih sekolah dulu. Kemudian saya mulai membuat game walaupun terbatas disela-sela waktu setelah pulang bekerja.  Saat ini saya sudah membuat beberapa game, yang mulai saya ubah ke bentuk mobile.

Bermain game sekarang menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang. Bermain game adalah aktivitas yang menyenangkan, apalagi bisa membuat gamenya sendiri. Memiliki game buatan sendiri merupakan cita-cita banyak orang. Sayangnya cita-cita ini seringkali tidak segera diwujudkan dengan berbagai alasan. Membuat game adalah sebuah proses yang seru dengan melalui berbagai tahapan. 

Setelah game berhasil dibuat, memainkannya sendiri dapat menimbulkan kepuasan yang tak terkatakan. Lebih puas lagi saat game anda dimainkan orang lain dan orang tersebut menyukainya. Bonusnya anda juga bisa mendapat penghasilan dari game buatan sendiri melalui berbagai cara monetisasi yang tentu sangat menyenangkan.

Sekarang ini banyak sekali game yang bisa kita temui di berbagai sistem operasi dan platform yang berbeda-beda. Setiap game dibuat dengan cara yang berbeda-beda tetapi memiliki kesamaan dalam konsep membangunnya. Setiap game adalah hasil dari perwujudan imaginasi dan kreativitas individu atau tim yang membuatnya.

cara membuat game sendiri


Membuat Game Sendiri

Dasar dari game adalah ide. Ide kemudian ditulis menjadi urutan perintah logika suatu bahasa pemrograman kemudian disusun dengan melibatkan gambar dan suara.  Semakin anda mahir dalam mengolah ketiga hal dasar tersebut maka anda semakin bebas dalam menuangkan ide kreatif anda. 

Tidak jarang game juga ditambah hasil olahan gambar dan suara seperti misalnya animasi dan video.

Jadi dari mana saya harus mulai?

Game yang bagus adalah game yang berhasil dibuat dan bisa diterima banyak orang sesuai dengan keinginan sang pembuatnya. Setidaknya anda perlu mengetahui beberapa tahapan dalam membuat game. 

Tahapan Membuat Game:

a. Riset untuk Membuat Konsep

b. Membuat Dokumen Desain

c. Memilih dan menentukan Software

d. Menulis Kode Pemrograman

e. Tes Game

f. Mulai Memasarkan


Mari kita bahas satu-persatu tahapan diatas

a. Riset untuk Membuat Konsep

Tahap ini bisa menjadi titik awal game anda nantinya akan dimainkan orang lain atau anda nikmati sendiri. Langkah pertama ini adalah merenungkan tipe game apa yang tidak hanya anda inginkan sendiri tapi juga diinginkan orang. Sebaiknya keinginan anda ditunjang dengan data agar selain anda semangat membuatnya, anda juga sudah bisa mengukur siapa saja calon pengguna, berapa banyak yang akan menggunakan, pilihan warna yang disukai calon pengguna game anda, bagaimana cara memasarkannya dan lain sebagainya.

Menentukan Tujuan Game di awal akan sangat membantu pada proses berikutnya. Ada banyak contoh game saat ini yang sukses membuat banyak orang memainkannya. Tapi dipihak lain banyak juga game yang tidak menarik dimainkan bahkan tidak disukai oleh pembuatnya sendiri. Tentu saja hal ini menjadi hal yang sering terjadi bila kita tidak memiliki tujuan awal yang jelas. 

Setiap game yang bagus tentu memiliki tujuan dasar seperti menghibur, mengedukasi, menantang, membuat penasaran dan lain sebagainya. Tetapi anda perlu menentukan dulu apa yang anda inginkan bila orang lain memainkan game anda. 

Misalkan game anda bertujuan untuk menghibur orang yang tidak punya banyak waktu, seperti saat menunggu antrian di kedai kopi. Dengan tujuan tersebut maka anda harus membuat game yang sederhana dengan mudah dimainkan dan selesai dalam sesi atau level yang tidak banyak memakan waktu lama.

Setiap game yang dibuat sesuai dengan tujuan yang tepat, dan diberikan kepada pengguna yang tepat maka bisa menjadi hebat. Sebaiknya anda menentukan tujuan pembuatan game sesuai dengan kapasitas anda, sehingga anda tidak merasa terbebani dengan tujuan yang anda buat sendiri sehingga anda dapat mencapainya dengan senang. Dengan tujuan yang jelas maka anda dapat melangkah ke tahap selanjutnya dengan lebih mudah. 


Pahami Kosep Koding vs Mendesain

Setiap membuat game, anda perlu membedakan antara membuat kode dan mendesain. Untuk menghasilkan sebuah game anda perlu menyiapkan tiga komponen yang telah dijelaskan diatas seperti urutan logika pemrograman, gambar dan suara. Diawal pembuatan game anda sebenarnya bisa mengurangi tiga bagian ini menjadi dua saja yakni pemrograman dan gambar. Setelah game dapat berjalan sesuai tujuan anda bisa menambahkan suara dibagian selanjutnya.

Bila anda ingin membuat game sendiri, maka anda perlu memahami bagaimana tampilan game anda sesuai konsep atau rencana tujuan anda. Tidak hanya itu, agar setiap item yang tampil bisa menarik dalam game anda, maka anda harus mendesainnya. Bila anda bekerja secara tim, maka anda mungkin bisa membagi peran ini dengan mudah. Desainer game bertugas membuat berbagai tampilan sehingga bisa menghabiskan banyak waktu untuk membuat berbagai karakter dan detail game dalam tampilan terbaik.

Selain tampilan maka anda juga harus memastikan game anda dapat berjalan dan berlaku sesuai konsep tujuan yang telah anda tetapkan. Dalam hal ini yang saya maksud anda akan memastikan kode program yang anda buat bisa berjalan sesuai tujuan. Dengan mengetahui desain sebelum koding, maka akan banyak membantu bagaimana jadinya proses game anda secara bertahap.

Berita baiknya, banyak game yang telah dibuat saat ini prosesnya bisa beriringan antara desain dan proses kodingnya. Sehingga anda bisa mengambil dua peran sekaligus tentunya untuk game yang sederhana.

Membuat game impian pribadi tentunya menantang dan seru. Anda mungkin mulai berpikir untuk tidak merealisasikannya setelah mengetahui urutan langkahnya, Sebaiknya jangan berhenti teruslah berjuang. Anda juga bisa mengambil langkah untuk menyerahkannya kepada ahli atau orang lain. Bila membuat game adalah keinginan anda sebaiknya teruslah berusaha agar game impian anda berhasil diwujudkan. 


b.  Membuat Dokumen Desain 

Setelah anda memiliki konsep dan gambaran tujuan bagaimana game anda akan dibuat maka hal yang akan membantu anda dalam proses selanjutnya adalah membuat dokumen desain. Dokumen desain bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang membosankan, bahkan banyak orang yang menyepelekan dan melewati proses ini. Padahal proses ini akan banyak membantu anda untuk proses selanjutnya.

Pada proses ini anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Keterampilan anda, anda tentunya mengetahui sejauh mana kemampuan koding desain atau mengolah suara. Anda perlu mengukur apakah anda bisa melakukan semuanya atau memerlukan bantuan orang lain.

2. Bahasa pemrograman yang akan anda gunakan. Pada proses penentuan ini akan mempengaruhi cara kerja anda dalam menghasilkan game yang anda inginkan. Hasilnya ditangan pengguna nantinya mungkin tidak akan banyak berbeda bila anda menggunakan bahasa pemrograman lain. Tetapi cara kerja anda akan berbeda bila menggunakan bahasa yang berbeda pula.

3. Menentukan Tampilan serta fitur game. Pada proses ini sebaiknya anda memikirkan bagaimana game anda menarik bagi pengguna tapi juga menarik bagimu. Menarik bagi anda yang saya maksud bukan hanya dari tampilannya saja, tapi juga memberikan keuntungan untuk anda apapun bentuknya.

4. Menentukan strategi untuk terus digunakan orang. Tentunya anda tidak ingin pengguna game berhenti menikmati game buatan anda. Oleh sebab itu game harus terus diperbarui dan ditambah sesuatu yang menarik pengguna game anda untuk terus memainkannya.

Dengan membuat dokumen desain dari game secara jelas dan detil maka anda akan mudah menggunakannya dalam menyusun game setahap demi setahap hingga selesai. Tentu saja dokumen desain ini bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. 

Macam-macam Game Design Document

Menurut Ernest Adams dalam bukunya Fundamentals of Game Design terbitan tahun 2010 menyatakan bahwa Game design memiliki beberapa macam yang terbagi berdasarkan ciri dan fungsinya, antara lain sebagai berikut:

  • High Concept Document, adalah dokumen untuk memberikan informasi kepada publisher tentang game yang akan dibuat. Ciri-ciri dalam dokumen ini adalah berisi tentang penjelasan ide utama game yang tidak lebih dari 4 halaman.
  • Game Treatment Document, adalah dokumen untuk menjelaskan game dalam bentuk outline sehingga dapat dibentuk prototype yang akan dilanjutkan menjadi game. dokumen ini memiliki ciri yaitu memuat semua ide dasar yang sederhana.
  • Character Design Document, adalah dokumen yang menjelaskan rancangan atau desain karakter dalam game. Tujuannya adalah menjelaskan tampilan karakter dan juga aktivitas dalam bentuk animasi atau gerakan yang dapat dilakukan oleh karakter tersebut. Dalam dokumen ini dapat dijelaskan gerak karakter hingga detil seperti emosi, pose, atau ekspresi wajahnya.
  • World Design Document, adalah dokumen yang berisi tentang gambaran dunia game yang akan digunakan. Dokumen ini berisi penjelasan tentang dunia latar game serta berbagai macam benda yang ada disana. Dapat dijelaskan pula tentang suasana, suhu, sifat emosi dan gaya estetika disana.
  • Flowboard adalah dokumen yang berisi gabungan dari flowchart dan storyboard. Dokumen ini bertujuan untuk memudahkan penjelasan rangkaian gambar sesuai cerita dan alur algoritma yang akan dituliskan dalam bentuk kode oleh programmer.
  • Story and Level Progression Document adalah dokumen yang berisi cerita dari game yang akan dibuat. Bagaimana kemajuan setiap peningkatan level awal ke level selanjutnya. Dokumen ini berisi garis besar pengalaman pemain dalam memainkan game yang akan dibuat.
  • Game Script merupakan dokumen yang berisi dokumentasi aturan permainan secara detil dan skrip game berjalan.

Walaupun tidak baku, menulis game design dokumen akan sangat membantu anda mempermudah langkah pembuatan game selanjutnya. Apalagi bila anda membuat game dalam bentuk Tim. Bila anda membangun game sendirian, tentu saja boleh tidak menulis game design ini. Jangan terlalu merasa harus tapi akan lebih baik bila anda membuatnya.


c. Memilih dan Menentukan Software

Sebelum mulai menyusun dan membuat item dalam game anda, anda perlu memilih dan menentukan software apa yang akan membantu anda. Untuk memudahkan anda dalam menentukan software yang akan anda gunakan, anda bisa menimbang dari platform apa yang akan digunakan pengguna untuk memainkan game buatanmu. Beberapa game bisa ditemukan hanya untuk platform tertentu saja, tetapi ada juga yang ditemukan di banyak platform. 

Beberapa game yang dipasarkan di IOS juga tersedia versi androidnya, tentunya hal ini diwujudkan dengan bantuan software tertentu untuk memudahkan proses kompilasinya. Anda bisa saja membuat game hanya untuk platform spesifik sesuai target pengguna yang anda tuju, atau banyak pengguna dengan segmen tertentu.

Dalam memilih software anda tentu juga tidak bisa lepas dari kebutuhan mendesain tampilan item, apakah cukup 2D atau harus tampil 3D. Semakin canggih software dapat mewujudkan keinginan anda biasanya juga diikuti dengan harga yang perlu pertimbangkan. 

Tidak ketinggalan juga selain itu anda juga perlu memperimbangkan bahwa dalam menentukan software, juga pasti akan membutuhkan perangkat berkualitas yang mampu menjalankan software tersebut. Umumnya kebutuhan Jenis Prosessor, RAM, Kartu Grafis dan tempat penyimpanan adalah hal umum yang dibutuhkan suatu software agar dapat berjalan sempurna.


d. Mulai Urusan Koding

Sebuah Game disusun dari beberapa baris hingga jutaan kode bahasa pemrograman. Jadi bila anda benar-benar ingin membuat game sesuai dengan kreatifitasmu, Saya anjurkan untuk mempelajari setidaknya salah satu bahasa pemrograman. Tapi anda jangan alergi dulu, Sebenarnya anda bisa membuat game tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman apapun. 

Konsekuensinya bila anda tidak ingin belajar bahasa pemrograman maka anda perlu bantuan orang lain atau menggunakan software pembuat game yang dapat mewujudkan alur logika yang ingin anda buat. Anda tentu sudah mempertimbangkan di langkah sebelumnya mengenai hal ini.

Banyak game untuk perangkat seluler yang saat ini tidak perlu membutuhkan bantuan software tertentu. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan Javascript, CSS dan HTML. Kemudian setelah itu anda perlu membungkusnya dengan paket khusus misalnya seperti Cordova ataupun PhoneGap. Setelah itu anda tinggal melakukan build agar menjadi aplikasi Android, Windows ataupun iOS.


Bahasa pemrograman apa yang harus saya kuasai untuk membuat game?

Bila anda ingin membuat game pada platform tertentu maka anda perlu mempelajari bahasa yang sesuai untuk platform tersebut. Setidaknya anda memerlukan untuk menguasai satu bahasa pemrograman saja, selanjutnya anda bisa menambahkannya bahasa yang lain bila dibutuhkan. Ada beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan pembuat game diantaranya sebagai berikut:


Javascript
Javascript merupakan salah satu bahasa yang dianggap mudah dikuasai bahkan pemula sekalipun. Dengan berbekal Javascript anda bisa membuat game sederhana untuk smartphone. Saat ini ada jutaan orang yang juga sudah menguasai javascript, maka itu artinya sebenarnya mereka sudah memiliki bekal untuk membuat game mereka sendiri.
Untuk menguasai Javascript anda bisa belajar secara online sendiri dengan banyak sumber gratis di internet. Tetapi bila anda ingin proses belajar lebih cepat dan terukur, maka anda sebaiknya mengambil Kursus JavaScript. Sehingga bila anda sudah menguasai Javascript kemudian membuat game sendiri hingga puas, anda bisa membantu orang lain yang kesulitan dengan JavaScript dengan harga yang tidak sedikit.
Java
Walaupun namanya mengandung kata yang sama dengan pemrograman JavaScript, tetapi sebenarnya keduanya bukanlah bahasa pemrograman yang sama. Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer untuk membuat game Android. Aplikasi resmi dari google untuk membuat android juga memilih java sebagai bahasa pemrograman. Dengan bahasa ini game android yang anda buat bisa digunakan dengan sangat ringan, cepat dan mudah untuk dipersonalisasi
Bila anda fokus untuk membuat game Android, maka anda harus tahu bagaimana cara koding menggunakan Java. Untuk mempelajari Java anda bisa mempelajari secara otodidak tetapi butuh waktu yang tidak sedikit bagi pemula. Untuk itu bila anda pemula disarankan mengambil kursus sebelum menemukan hal rumit yang menyurutkan semangatmu.
Swift
Bahasa Swift merupakan bahasa yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi dan game iOS. Bila anda memiliki perangkat Mac dan ingin membuat game iOS maka bahasa ini sangat direkomendasikan untukmu. Bahasa ini juga sudah menjadi favorit programmer untuk membuat game pertama kali.
Untuk menyingkat waktu belajar, sebaiknya mengambil kursus pemrograman bahasa Swift. Bila anda masih memiliki banyak waktu anda bisa mempelajari Swift dari berbagai tutorial online di internet.
Bahasa C
Bahasa C, C# dan C++ adalah bahasa yang diperuntukkan untuk pemrogaman game console yang dianggap rumit. Bahasa ini juga tidak direkomendasikan untuk pemula karena sangat kompleks dan sulit dipelajari. Bila anda serius untuk membuat game sebagai karier anda tentu saja boleh mempelajarinya dengan mengikuti kursus yang tersedia secara online.

Beberapa Software pembuat game ada yang menggunakan C# sebagai basic pemrogramannya. Salah satu software tersebut adalah Unity. Hasil game dari software yang menggunakan C sebagai pemrogramannya dapat berjalan dengan sangat cepat dan efisien diberbagai spesifikasi hardware.


e. Test Game

Setelah anda berhasil membuat game, maka anda harus mencobanya dulu sebelum anda pasarkan. Mencoba game bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan hal negatif lain yang tidak berjalan sesuai harapan. Kemudian setelah mengetahuinya anda harus memperbaikinya semaksimal mungkin. 

Proses ini jauh lebih baik dari pada anda menerima komentar buruk dari pengguna game anda. Sebab komentar buruk dapat menurunkan keinginan calon pengguna anda yang lain untuk mencobanya lagi. Untuk proses testing ini anda juga dapat mengundang teman-teman anda yang mau memberikan penilaian secara jujur. 

Dalam proses testing anda hendaknya tidak menggunakan hanya satu hardware saja, anda perlu mencoba di banyak perangkat. Semakin banyak macamnya akan semakin bagus. Bila anda menargetkan untuk digunakan secara online menjadi web base anda perlu mencobanya dibanyak jenis browser.

Fitur Testing Developer Console

Anda dapat memanfaatkan bantuan dari pihak ketiga, salah satunya adalah Google Developer Console. Sewaktu anda akan melaunching game buatan anda ke playstore, anda dapat menemukan opsi untuk melakukan versi testing atau biasa disebut versi beta. Google akan menyediakan fasilitas untuk mengundang teman-teman yang anda kenal melalui email. 

Anda tinggal memasukkan beberapa isian, maka hasilnya Google akan menunjukkan data statistik secara lengkap untukmu. Informasi kegagalan, informasi dimana digunakan, pada perangkat apa dan informasi penting lainnya dapat dengan mudah anda pantau melalui fasilitas Google tersebut.


f. Mulai Memasarkan

Setelah melalui test yang ketat, Game yang telah anda buat saatnya dipasarkan. Anda sebenarnya dapat mulai memasarkan game anda sebelum saat rilis ataupun bersamaan dengan saat rilis. 

Hal yang direkomendasikan adalah bila anda memasarkan game anda sebelum saat rilis. Sebab ketika rilis anda sudah bisa langsung mendapatkan keuntungan, berbeda dengan bila anda baru memasarkan bersamaan saat rilis ataupun setelah rilis. 

Saat game di-rilis anda harus benar-benar memastikan bahwa game tersebut bebas kesalahan (bug). Sebab game yang bagus dan disukai pengguna akan dapat memasarkan dirinya sendiri tanpa perlu membuat anda susah payah memasarkannya.

Untuk memasarkan game anda hendaklah sesuai dengan pasar yang anda tuju. Anda dapat mengikutkan game anda pada pasar yang telah disediakan oleh vendor tujuan game. Misalnya anda membuat aplikasi android, maka paling tidak anda menempatkan game anda di Android Playstore, atau misalnya anda membuat game iOS maka anda telah menempatkan game anda di iTunes. 

Begitu juga bila anda membuat game untuk pasar sosial media yang biasanya berbentuk aplikasi game berbasis web. Selain itu anda juga dapat memasarkan game anda pada website anda sendiri. Tapi bila traffict website anda belum cukup ramai maka menggunakan pasar yang vendor sediakan akan lebih memudahkan anda.

Semua pemilihan pasar hendaknya sudah anda pikirkan saat membuat dokumen model. Sehingga saat anda selesai mengerjakan semua langkah diatas, anda tinggal mengevaluasi mana yang kurang dan mana yang telah dapat diterima oleh pengguna game anda dengan baik. 

Kesimpulan

Membuat game sendiri merupakan tantangan dan capaian yang luar biasa bila anda berhasil melaluinya. Jika anda tertarik belajar koding maka membuat game sendiri adalah tantangan yang sangat menarik untuk anda selesaikan. Dengan kesuksesan anda membuat game anda sendiri, tanpa terasa kemampuan koding anda juga akan terasah.

Sebelum anda memutuskan untuk membuat game, anda perlu mengasah kemampuan anda dalam menggunakan berbagai software. Baik software desain gambar 2D, 3D ataupun software pembuatan game seperti Unity, CryEngine dan lain sebagainya yang telah anda pilih di tahap dokumen desain. 

Kemudian jika anda menyadari memiliki keterbatasan maka anda juga bisa mengajak orang yang bisa anda andalkan untuk membantumu. 

Mulailah dari game sederhana yang bisa anda wujudkan menjadi nyata, kemudian setelah berhasil anda bisa mengembangkannya atau membuat game lainnya yang lebih rumit dan kompleks. Jangan terlalu memaksakan diri sehingga malah membuat banyak waktu anda terbuang. Mengambil kursus setiap bagian yang belum anda kuasai sangat direkomendasikan untuk menyingkat waktu.

Posting Komentar