Inspirasi dari Game Yang Masih Teringat Serunya

Salam Merdeka

Hari ini posting bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Jadi harus selalu semangat.

Inspirasi seringkali muncul tiba-tiba, kadang disaat merenung sendirian, saat beraktifitas atau bahkan dari memperhatikan kejadian disekitar kita. Seringkali ide muncul akibat pengamatan pada sesuatu yang sering dianggap biasa saja oleh orang lain, maka kita harus siap menangkap momen yang menarik kapanpun. 

Beberapa hari kemarin saya jadi teringat sesuatu. Diantara sekian banyak game santai yang pernah saya mainkan, ada sebuah game yang membuat saya menjadi terinspirasi membuatnya dalam versi saya sendiri. Walaupun saya ingin membuat game dengan alur permainan yang hampir sama tapi ada bagian yang saya pengen membuatnya menjadi berbeda.

Sebelum membuat tambahan yang membedakan game buatan saya dengan game yang menginspirasi saya tersebut, maka sudah pasti saya mesti menyusun konsep dengan mengingat kembali bagaimana bagian-bagian game yang seru untuk dimainkan tersebut.

Game inspirasi tersebut sebenarnya dulu saya temukan di playstore sekitar tahun 2019. Sayangnya sepertinya saya sudah lupa judulnya, sehingga ketika saat ini saya mencarinya lagi ternyata game tersebut sudah tidak lagi dapat saya temukan.

Karena saya ingin memainkannya lagi tapi tidak berhasil menemukannya, maka saya bersemangat untuk membuatnya sendiri berdasarkan ingatan yang mungkin tidak sama persis. Untuk membuatnya, saya kembali menggunakan Construct 2.

Saya memilih Construct 2 dengan alasan agar tidak banyak menulis kode karena sambil banyak mengingat. Saya tidak ingin perhatian saya terdistorsi atau bahkan hilang akibat hanya fokus menulis kode programnya daripada mengingat konsepnya.

Game yang saya mainkan dulu menceritakan sebuah pesawat terbang yang harus menghindari banyak missile musuh yang mengejarnya. Pesawat harus dapat menyelesaikan misi yaitu mengumpulkan bintang sebelum waktu habis.

Pada game tersebut pemain hanya dapat bergerak ke kanan dan kekiri yang membuat pesawat harus begerak memutar untuk menghindari missile yang mengejarnya. Jadi banyak missile musuh akan bergerak menuju pesawat pemain. Pada game yang dulu saya mainkan, pesawat sebagai aktor utama game tersebut tampak dari sudut pandang langit. 

membuat game sendiri dari ingatan main game lain

Dalam memory yang masih saya ingat kurang lebih game akan seperti gambar diatas. Missile yang gagal mengenai pemain akan terus terbang atau meledak dikejauhan.

Semoga saya dapat mewujudkan game dalam bayangan saya. 

Posting Komentar