Membuat Game GreenFoot

Sudah lama saya mengenal Greenfoot. "Lama belum tentu memahami" istilah itulah yang terjadi antara saya dan greenfoot. Greenfoot yang merupakan tool untuk belajar java dengan menyenangkan yaitu dengan membuat game. 

Saya baru benar-benar tahu bagaimana menggunakannya dalam bulan-bulan terakhir ini. Saya cukup sengan, ternyata Greenfoot dapat digunakan untuk membuat game favorit saya sewaktu masih kecil.

Sekilas info saja yaitu ketika saya masih kecil, masih SD kala itu sering menyewa gamewatch seharga Rp. 25,- bila kalah (game over) maka gamewatch harus dikembalikan. Dan gamewatch yang sering saya sewa adalah game kapal selam melawan pesawat terbang. Yang menjadi lakon adalah kapal selam.

Bulan Nopember 2014 kemarin, di ITS pada acara pelatihan Greenfoot yang diselenggarakan AISINDO dan ORACLE, Saya di berikan tugas untuk mempresentasikan game yang harus dibuat sendiri untuk kelulusan pelatihan. Game yang saya buat adalah  game yang terinspirasi kesukaan waktu kecil. Walaupun masih satu level ternyata asik dimainkan. Silahkan mainkan di scenario .

Dalam website greenfoot skrip game dapat digunakan kembali jadi dapat dikembangkan lagi.
Setelah berhasil mempresentasikan game yang saya buat sendiri akhirnya saya mendapat sertifikat tanda kelulusan pelatihan tersebut. Walaupun saya belum puas dengan apa yang saya ketahui mengenai pembuatan game, tetapi saya bersyukur karena saya mendapat pencerahan mengenai langkah pembuatan game yang mudah.

Bukan ingin pamer, tapi saya ingin anda juga terinspirasi untuk mencoba membuat game. Ternyata menyenangkan, kalau gak percaya silahkan coba sendiri. 

Selamat Berkarya

Posting Komentar